Pasangan Dan Teman Negatif

No Comments

Komunikasi antara xperdio.com pasangan sering membingungkan, dan ada alasan yang sangat bagus untuk ini. Sebagian besar waktu, kata-kata yang kita gunakan memiliki dampak yang jauh lebih sedikit daripada energi di balik kata-kata. Karena itu, apa yang Anda katakan seringkali bukan apa yang orang lain dengar.



Energi di balik komunikasi ditentukan oleh Niat kami. Dalam banyak komunikasi antara mitra, ada dua niat berbeda yang dapat memotivasi komunikasi yang diberikan: kita sering bermaksud mengendalikan orang lain, atau niat belajar tentang diri kita sendiri dan pasangan kita. Perbedaan energi antara kedua niat inilah yang sering menciptakan kebingungan dalam komunikasi.


Misalnya, dalam salah satu sesi konseling telepon saya dengan Joshua, ia mengeluh tentang fakta bahwa istrinya, Joan, sering marah kepadanya karena masalah yang tampaknya kecil. Konflik baru-baru ini terjadi pada buku yang sedang dibacanya. Dia bertanya mengapa dia membaca buku itu, dan dia menanggapinya dengan jengkel.

"Joshua," aku bertanya, "mengapa kamu bertanya kepadanya tentang buku itu?"

"Saya penasaran."

"Masuk lebih dalam," kataku. "Apakah ada sesuatu tentang buku yang mengancammu?"

"Yah begitulah. Itu adalah buku tentang wanita dan kodependensi. ?

"Dan apa yang mengancammu?"

"Aku takut Joan menarik dariku."

"Jadi, niat apa yang menurutmu beroperasi pada saat itu - niat untuk mengendalikannya atau niat untuk belajar tentang dirimu dan dia?"

揝aya kira jujur, saya harus mengatakan bahwa saya ingin mengendalikan. Ketika saya memikirkan kembali, saya pikir nada suara saya mungkin menyalahkan. Joan selalu memberi tahu saya bahwa dia benci betapa saya berusaha mengendalikannya, dan saya selalu berpikir dia salah tentang itu. Tapi saya pikir saya mencoba mengendalikannya. ?

"Dan dia menanggapi niatmu untuk mengendalikan dengan jengkel, yang mana yang sering terjadi dalam hubunganmu, kan?"

"Baik. Jadi apa yang akan saya katakan jika saya terbuka untuk belajar? "

"Ini bukan kata-kata karena itu adalah energi di balik kata-kata. Energi di balik kata-kata, 慚engapa Anda membaca buku itu?" sama sekali berbeda ketika tujuannya adalah untuk mengontrol daripada ketika tujuannya adalah untuk belajar. Kata-kata yang sama dapat diucapkan dengan menyalahkan, mempermalukan, atau dengan kepedulian dan rasa ingin tahu yang nyata. 

Niat Anda yang menentukan energi di balik kata-kata itu. Joan tidak menanggapi kata-kata itu sendiri, tetapi menyalahkan dan mempermalukan di balik kata-kata itu. Inilah yang menyebabkan kebingungan bagi Anda mengenai komunikasi Anda dengannya. 

Kata-kata yang sama persis dapat mengkomunikasikan dua hal yang sama sekali berbeda, tergantung pada tujuannya. Dan kemungkinannya adalah jika Anda tidak merasa terancam oleh buku itu, Anda mungkin tidak akan menanyainya mengapa dia membacanya. ?

aku bisa melihat di mana itu mungkin benar. Oke, saya mengerti. Saya sudah mencoba mengendalikannya dan itulah yang dia tanggapi, bukan dengan kata-kata yang saya gunakan. "

Joshua mulai memperhatikan niatnya. Setiap kali Joan merasa jengkel atau jauh darinya, dia memperhatikan bahwa tujuannya adalah untuk mengendalikan. Itu adalah tantangan besar untuk beralih dari mencoba mengendalikannya, karena dia telah melakukan ini sebagian besar hidupnya dalam semua hubungannya, tetapi Yosua sangat termotivasi untuk berubah. 

Dia tahu bahwa jika tidak, dia berisiko kehilangan pernikahannya. Dia mulai fokus untuk merawat dirinya sendiri dan perasaannya dengan penuh kasih alih-alih mencoba mengubah Joan.

Ketika Joshua semakin sadar akan niatnya, dia dapat secara sadar mengubah niatnya dari mengendalikan menjadi belajar tentang merawat dirinya sendiri. Ketika niatnya bergeser, energi komunikasinya dengan Joan bergeser, dan hubungan mereka sangat membaik. Joshua sangat senang dengan pemahaman yang lebih dalam dan keintiman yang tumbuh di antara mereka.

back to top